SEJARAH BANGUNAN LAMA KAPANEWON KALASAN

Kompleks Kantor Kecamatan Kalasan terletak di Padukuhan Krajan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Saat ini kompleks kantor tersebut terdiri dari beberapa komponen bangunan dan struktur, diantaranya adalah:
a. Bangunan Lama Kantor Kecamatan Kalasan,
b. Bangunan Bekas Rumah Dinas Camat,
c. Struktur Gapura dan Pagar,
d. Bangunan Pendapa,
e. Bangunan Mushola,
f. Bangunan Puskesmas Pembantu.
g. Rumah Dinas Camat (baru)
h. Gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kalasan (baru)
Komponen bangunan pendapa, bangunan mushola, bangunan puskesmas pembantu, rumah dinas camat baru dan gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Kalasan merupakan bangunan baru, sementara komponen lama adalah Kantor Kecamatan Kalasan, bangunan bekas Rumah Dinas Camat serta struktur gapura dan pagar.

Bangunan Lama Kantor Kecamatan Kalasan menghadap ke arah tenggara. Bangunan tersebut memiliki langgam arsitektur bangunan Indis dengan ciri memiliki dinding yang tebal berupa pasangan bata satu batu, jendela dan pintu berukuran tinggi dengan daun pintu dan jendela krepyak, serta beratap limas dengan penutup genteng vlam. Terdapat tiga (3) model pintu pada bangunan ini, yakni: pintu tipe krepyak mati, pintu model panil kaca dan pintu papan kayu. Jendela terdapat dua (2) model yaitu tipe krepyak mati dan panil kaca. Jendela memiliki ukuran sekitar 1,46 m x 2,25 m, sementara pintu berukuran 1,46 m x 3.3 m dan 2,16 m x 3,3 m untuk pintu yang menghubungkan dengan Kantor Kecamatan yang baru. Bangunan utama memiliki selasar di bagian samping timur laut yang berhubungan dengan doorlop dan struktur pagar di depan bangunan yang membujur dari timur laut – barat daya.

Bangunan Lama Kantor Kecamatan Kalasan memiliki denah persegi panjang yang berdiri melebar dengan sayap di kiri dan kanan bagian utama dan menjorok ke arah depan. Terdapat lima ruangan berjajar, dua ruangan mengapit beranda depan, dan ruang belakang. Tinggi plafon adalah 4,51 m. Dahulu fungsi seluruh ruang adalah untuk kegiatan administratif kecamatan, sekarang masing-masing ruang memiliki fungsi yang berbeda. Dua ruang yang mengapit beranda depan merupakan ruang sayap kiri dan ruang sayap kanan. Ruang sayap kiri berukuran 3,4 m x 6,28 m. Ruang tersebut saat ini berfungsi sebagai ruang bermain anak. Terdapat dua pintu model panil kaca dan satu jendela model panil kaca. Pintu di sisi timur laut menghubungkan ruang bermain anak dengan teras luar, sementara pintu di sisi barat daya menghubungkan dengan halaman depan bangunan yang pada saat ini berisi beraneka macam permainan anak. Ruang sayap kanan berukurang 3,49 m x 6,28 m. Ruang tersebut saat ini memiliki fungsi sebagai gudang atau ruang arsip. Terdapat dua pintu dan satu jendela dalam ruang tersebut. Pintu di sisi timur laut menghubungkan gudang dengan halaman depan, sementara pintu sisi barat daya menghubungkan dengan ruang lain yang juga berfungsi sebagai gudang. Ukuran dari gudang kedua tersebut lebih luas, yaitu 2,7 m x 21 m. Terdapat satu pintu yang menghubungkan gudang kedua dengan ruang panwas.

Lima ruang berjajar dalam Bangunan Lama Kantor Kecamatan Kalasan terdiri dari dua ruang panwas, ruang tengah, ruang PPK dan ruang PKH. Dua ruang panwas terletak bersisian, di sebelah barat daya dari ruang tengah. Ruang panwas memiliki ukuran 3,49 m x 6,02 m dan terdapat dua pintu serta satu jendela. Dua pintu tersebut menghubungkan ruang panwas satu dengan gudang kedua dan ruang panwas dua. Timur laut dari ruang panwas satu terdapat ruang panwas dua dengan ukuran ruangnya adalah 4,7 m x 6,02 m. Terdapat dua pintu dan satu jendela dalam ruang tersebut. Satu pintu menghubungkan dengan ruang tengah, sementara satu pintu lainnya menghubungkan dengan ruang panwas dua. Ruang tengah memiliki ukuran 4,86 m x 6,02 m dengan empat pintu di setiap sisi ruang. Satu pintu model panil kaca dengan dua daun pintu menghubungkan ruang tengah dengan beranda depan, satu pintu papan kayu dengan dua daun pintu menghubungkan dengan ruang panwas dua, satu pintu papan kayu dengan dua daun pintu menghubungkan dengan lorong menuju ruang PPK, dan satu pintu menghubungkan dengan ruang belakang. Ruang keempat adalah ruang PPK yang memiliki ukuran 4,7 m x 6,02 m. Ruang tersebut memiliki dua pintu dan satu jendela model panil kaca. Pintu papan kayu dengan dua daun pintu menghubungkan ruang PPK dengan ruang tengah, sementara pintu model krepyak mati menghubungkan dengan ruang PKH. Saat ini dalam ruang PPK terdapat sekat seperti dinding yang membentuk ruang sehingga seolah terdapat lorong dalam ruang tersebut. Ruang PKH memiliki ukuran 3,49 m x 6,02 m. Terdapat dua pintu model krepyak mati dan satu jendela model krepyak mati di ruang tersebut. Satu pintu menghubungkan ruang PKH dengan ruang PPK, sementara satu pintu lainnya menghubungkan dengan teras sisi timur laut.

Bagian belakang bangunan terdiri dari lima ruang yang berfungsi sebagai gudang dengan ukuran 2,95 m x 3,46 m, 2,95 m x 4,7 m, 2,95 m x 4,86 m, 4,7 m x 4,45 m serta dua ruang yang berfungsi sebagai toilet di bagian paling barat daya dengan ukuran masing-masing 3,7 m x 1,48 m. Pada bagian belakang dahulunya merupakan satu bagian berupa teras belakang dengan toilet yang masih asli. Bagian tersebut kemudian diberi dinding baru sehingga terbentuk beberapa ruang yang terutup serta diberi penambahan pintu.